Jumat, 24 Oktober 2014

AMD C-50, C-60...APU Generasi Awal Yang Handal

Sebenarnya artikel ini sudah teramat ketinggalan zaman, karena seharusnya artikel ini saya tuliskan sekitar 3 tahun yang lalu, tapi demi memenuhi persyaratan sebuah lamaran pekerjaan dan 'mungkin' saja ada diantara pembaca sekalian yang membutuhkan, jadilah saya harus menuliskan artikel ini. 


Oh iya, artikel ini saya tuliskan murni dari pengalaman pribadi dan seingat saya selama menggunakan perangkat tersebut, jadi jika ada yang 'miss' perbedaan ini itu, silahkan di diskusikan, semoga bisa saling menambah ilmu. :)

oke mari kita mulai, kali ini saya akan me-review tentang Processor AMD APU Generasi awal, AMD C-50 dan AMD C-60 pada laptop Acer Aspire One 522. Untuk detail mengenai kedua Prosessor tersebut bisa anda cek di http://www.notebookcheck.net/AMD-C-50-Notebook-Processor.40960.0.html dan http://www.notebookcheck.net/AMD-C-60-Notebook-Processor.51806.0.html. Dan untuk spesifikasi lengkap laptop Acer Aspire One 522 bisa anda cek disini http://www.notebookcheck.net/Review-Acer-Aspire-One-522-Netbook.50481.0.html.Oh iya, ada sedikit perbedaan spesifikasi antara di link tersebut dengan spesifikasi yang saya gunakan, yang pertama dari segi ram, ram yang saya gunakan yakni 2GB (untuk AMD C-50) dan 4GB (untuk AMD C-60) sementara defaultnya 1GB dan untuk processor defaultnya adalah AMD C-50, saya sempat menggunakan processor ini beberapa waktu sebelum akhirnya digantikan ke AMD C-60 oleh pihak service center acer sewaktu saya claim garansi mainboard (dikarenakan processor yang sudah menyatu dengan mainboard [onboard] dan tidak bisa dilepas, maka ketika motherboard diganti, otomatis processor juga ikut diganti, dan saya beruntung dapat processor seri yang lebih baik dari sebelumnya).

Pada dasarnya C-50 dan C-60 tidak jauh berbeda, sama-sama mempunyai kemampuan dual core 1Ghz, akan tetapi  C-60 memiliki kemampuan turbo core hingga 1,3Ghz pada saat kondisi penggunaan program-program yang cukup membebani si prosessor. Selain itu perbedaan selanjutnya adalah C-50 dilengkapi dengan GPU Radeon HD 6250 yang bisa dibilang 'nebeng' di CPU. Sedangkan untuk C-60 dilengkapi dengan GPU Radeon HD 6290, tapi untuk performa keduanya mungkin tidaklah jauh berbeda. 

Netbook (laptop kecil) hanya untuk office dan internetan doang? ternyata AMD C-50 dan C-60 bisa memberikan yang lebih dari itu. Mengapa saya katakan demikian, karena Processor ini bisa memainkan beberapa game kelas menengah (menurut saya) pada tahun 2011 di detail grafik low-medium, bahkan ada beberapa game yang mampu dijalankan dengan detail grafik high! dan juga Processor ini mampu menjalankan resolusi HD (1280x720) yang dimana processor yang digunakan pada netbook lain umumnya hanya mampu berjalan di resolusi WSVGA (1024x600), sehingga memberikan kenyamanan pada mata saat menggunakannya.

Kembali ke soal game..yah, karena kebanyakan orang menjadikan game sebagai 'tolak ukur' bagus tidaknya sebuah perangkat komputer. GTA San Andreas (detail grafik : high), Sniper Elite (detail grafik : low-medium), Dead Island (detail grafik : low), DOTA (detail grafik : low), Call Of Duty (saya lupa yang seri apa) (detail grafik : low), Company Of Heroes (detail grafik : low-medium), PES 2011-2013 (detail grafik : low) dan mungkin ada beberapa game lagi yang saya sudah tidak ingat. Dan untuk resolusi, tidak semua game bisa berjalan di resolusi 1280x720 (tidak ada di daftar resolusi) sehingga ada beberapa game yang saya jalankan di resolusi 1024x600 bahkan 800x600 (GTA San Andreas). Dan sebagian game memang sengaja saya jalankan di resolusi 1024x600 karena si Processor kewalahan untuk bekerja di resolusi HD. Untuk FPS (Frame Per Second) tiap game memiliki hasil yang berbeda, tapi menurut versi saya, masih bisa masuk di kategori 'nyaman', terutama di GTA SA, hampir tidak ada lag yang berarti, yang lainnya mungkin sekitar kurang lebih 20-30an FPS (saya tidak sempat benchmark, karena laptopnya sudah tidak ada), kecuali pada game PES (mungkin game ini membutuhkan core speed yang lebih dari 1Ghz) dan DOTA (terutama ketika sudah 'war' di akhir-akhir pertandingan. 

Mungkin anda bertanya, "Lah, kok reviewnya banyak kekurangannya daripada lebihnya?"
eits, tunggu dulu gan, menurut saya, laptop ini sudah melebihi 'ekspektasi' yang saya inginkan, mengingat ini adalah APU keluaran awal dan juga 'saudara-saudara'nya yang lain (dikelasnya) belum bisa melakukan sebaik yang dilakukan AMD C-50 dan C-60, apalagi harganya cuman sekitar 2,5 Juta (plus kurang lebih 300 untuk upgrade ram) pada tahun 2011. Jadi menurut saya laptop yang menggunakan AMD APU Generasi Awal ini sangat worth dan Handal. Masih tidak sependapat? itu hak anda. :)

Berikut saya lampirkan beberapa screen shot dari saya lansung yang sempat saya abadikan :
AMD C-50




AMD C-60




1 komentar: